Penilaian SAPM PA Giri Menang oleh Tim Assesor Eksternal

(Giri Menang, 23 Mei 2018), Minggu ini pengadilan agama giri menang akan menjalani proses akreditasi kualitas standar dalam pelayanan pengadilan gelombang pertama, dari tanggal 21 mei sampai 23 mei 2018. Pelaksanaan tersebut maju lebih cepat dari penjadwalan semula yang akan dilaksanakan tanggal 24 sampai 26 mei 2018. Standar kualifikasi yang menjadi bahan penilaian mencakup pada masalah manajemen administrasi kesekretaritan, kepaniteraan serta inventarisir sarana prasana pengadilan, selain itu juga terkait kompetensi warga pengadilan sebagai ASN dalam memahami konsep maupun mobilitas peruntukan berkas/formulir sampai pada pelayanan sehingga memenuhi standarisasi pelayanan Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Tim assesor eksternal tiba di PA Giri Menang pada senin 21 mei 2018 jam 09.00 wita, disambut dengan yel-yel pegawai pengadilan berbaju adat sasak, serta pengalungan selendang kain khas Lombok oleh Ibu ketua pengadilan dan pejabat lain kepada tim assessor. Tim yang bertugas memberikan penilaian berjumlah 3 orang, masing-masing merupakan assessor utama dari pengadilan tinggi agama jawa timur (Rohmad Bahrudin, S.Kom., M.H.) dan assessor pendamping dari pengadilan tinggi agama nusa tenggara barat (Drs. H. Hamzah Abbas,M.H. & Drs. Syaifullah, S.H.,M.H.).

Optimistis dari warga PAGM dalam menghadapi penilaian tim assessor eksternal terbukti dengan kerja dan persiapan masing-masing penanggung jawab untuk menyediakan berbagai elemen berkas serta sarana prasarana sejak beberapa bulan kebelakang dengan harapan apa yang telah ada dalam pedoman SAPM dapat diwujudkan pada pelayanan masyarakat pencari keadilan. Rasa optimis tersebut meyakinkan pimpinan SAPM serta ketua pengadilan bahwa pengadilan agama giri menang dapat mencapai hasil maksimal dengan modal segala persiapan dan kerja maksimal.

 Opening Meeting sebagai pembuka kegiatan SAPM gelombang pertama dilakukan pada ruang sidang 1 PAGM, Perkenalan tim asesor eksternal serta penjelasan kepada segenap warga peradilan tentang aspek penilaian dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan berkas standar di ruang rapat PAGM, serta ruangan kepaniteraan, kesekretaritan, ruangan pelayanan informasi, dan setiap fasilitasi masing-masing sudut pengadilan. Penilaian ini berjalan selama tiga hari dengan diakhiri closing meeting pada hari rabu pukul 15.00 wita dihadiri oleh kesemua elemen pejabat maupun pegawai pengadilan serta tim asesor pada ruang yang sama.

Penutupan rangkaian kegiatan SAPM ini diisi dengan ekspose hasil penilaian masing-masing aspek, dari ketiga asesor kesemuanya memberikan apresiasi terhadap kinerja PAGM yang telah bekerja maksimal dalam mempersiapkan semua keperluan penunjang penilaian sehingga mampu memberikan jawaban atas pertanyaan asesor secara baik. Beberapa saran dan catatan diberikan oleh asesor sebagai harapan dapat menyempurnakan output berkas yang telah dimiliki oleh pihak pengadilan. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama tim asesor dengan warga pengadilan agama giri menang dengan senyum semangat meraih capaian nilai sempurna.