Tim Monev Badilag : “SIPP PA Giri Menang terbaik di wilayah PTA Mataram”

dsc00197
Tim Monev Badilag, dari kiri ke kanan, H. A. Pariduddin, S.H., M.H. (Anggota), Wahyu Setiyawan, S.H. (Sekretaris), dan Daud Al Wadud, S.E., MM (Ketua)

Kamis , 08 September 2016 Pengadilan Agama Giri Menang mendapatkan kunjungan dari Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Badan Peradilan Agama  (Badilag). Kunjungan tersebut dalam rangka Monitoring Administrasi Kepaniteraan, Tata Kerja dan Tata Kelola Peradilan Agama.

Tujuan diadakan monev tersebut adalah :

  1. Monitoring & mengevaluasi pelaksanaan kebijakan Dirjen Badilag.
  2. Berkoordinasi dengan pelaksana kebijakan.
  3. Mencari informasi secara langsung dan detail.

Adapun area yang  dijadikan sasaran Monev meliputi

  1. Pola Bindalmin dan Standard Operating Procedure (SOP) Penyelesaian Perkara Peradilan Agama.
  2. Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Biaya Proses Penyelesaian Perkara.
  3. Sarana Prasarana Pengadilan.
  4. Pemberian layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.
  5. Pelayanan Terpadu Sidang Keliling.
  6. Prosedur Mediasi Peradilan Agama
  7. Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)
  8. Pelayanan Meja Informasi/Pengaduan di Lingkungan Peradilan Agama

Tim monitoring tersebut diketuai oleh Daud Al Wadud, S.E., MM, Wahyu Setiyawan, S.H., sebagai sekretaris, dan H. A. Pariduddin, S.H., M.H. sebagai Anggota.

Tim Monev tersebut disambut oleh Ketua Pengadilan Agama Giri Menang, Drs. H. Muhidin, M.H. Ketua Pengadilan Agama Giri Menang sangat berterima kasih atas kunjungan tim monev Badilag, “monev tersebut sebagai tolak ukur dan standarisasi kinerja serta bahan acuan kerja nantinya”, ungkap beliau.

Dalam kegiatannya tim monev Badilag mengevaluasi pola bindalmin serta SOP penyelesaian perkara pada Pengadilan Agama Giri Menang. Tak luput pula tim monev mengevaluasi Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) yang ada di Pengadilan Agama Giri Menang. Berbagai solusi dan masukan pun diberikan oleh tim monitoring dan evaluasi dari Badilag untuk hal-hal yang di rasa kurang tepat penerapannya pada aplikasi SIPP tersebut.

Di hari terakhir monitoring dan evaluasi, tim melakukan ekspos di ruang Ketua Pengadilan Agama Giri Menang. Ekspos tersebut bertujuan memberikan hasil laporan monitoring dan evaluasi serta memberikan saran- saran kepada pengadilan agama tersebut.

Dalam acara ekspos setiap satker langsung diberikan penilaian oleh tim monev dan alhamdulillah PA Giri Menang mendapat capaian sangat memuaskan yakni 86% bahkan menurut Tim Monev di beberapa item area monitoring evaluasi PA Giri Menang mendapat nilai fantastis, diantaranya item SIPP sebesar 98% (tertinggi) di wilayah PTA Mataram. Penerapan pola Bindalmin sebesar 96%, PNBP sebesar 98%. PA Giri Menang hanya anjlok di sarana & prasarana yang disebabkan karena tidak tersedianya CCTV, tempat bermain anak dan ruang tunggu para pihak pencari keadilan. Kekurangan tersebut dikarenakan tidak adanya anggaran untuk itu.

FOTO – FOTO KEGIATAN

m2u07341-mpg_000001352
Tim monev meriksa buku register

dsc00212
Salah satu tim monev mengunjungi meja informasi.

dsc00217
Tim monev mengunjungi Posbakum

dsc00232
Pembacaan hasil ekspose di ruang Ketua Pengadilan Agama Giri Menang