Ketua PA Giri Menang menjadi Narasumber Kegiatan Pertemuan dengan Yayasan Tunas Alam Indonesia (SANTAI)

Ketua PA Giri Menang menjadi Narasumber Kegiatan Pertemuan dengan Yayasan Tunas Alam Indonesia (SANTAI)

Ketua PA Giri Menang, Marwan, S.Ag., M.Ag. menjadi Narasumber dalam Kegiatan Pertemuan Koordinasi Antara Stakeholder dengan Tema ”Memperketat persyaratan dispensasi kawin bagi upaya pencegahan perkawinan usia anak dalam kerangka UU perkawinan dan UU Perlindungan Anak” kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu dari tanggal 17 November sampai dengan 18 Nopember bertempat di dua tempat yaitu Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara. Tujuan Kegiatan tersebut yaitu Penyusunan Standar  Operasional Prosedur (SOP) mekanisme memperketat persyaratan dispensasi kawin sebagai upaya pencegahan  perkawinan anak di Lombok Barat  dan Lombok Utara.

Keluaran kegiatan tersebut adalah  Terbangunnya kesepemahaman dan menyusun platform bersama para pihak dalam pencegahan perkawinan anak dan tersusunnya SOP mekanisme memperketat persyaratan dispensasi kawin sebagai upaya pencegahan perkawinan anak di Lombok Barat dan Lombok Utara. Acara tersbut dihadiri oleh Kemenag Lobok Barat dan Kemenag Lombok Utara, DP2KBP3A Kab Lombok Barat, Dinas Sosial Kab Lombok Barat dan Kab Lombok Utara, DPMD Kab Lombok Barat dan Lombok Utara, Dinas Kesehatan Kab. Lombok Utara dan Kab. Lombk Barat, Dukcapil Lombok Barat dan Lombok Utara, KUA Kecamatan, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa serta beberapa LSM. Dalam acara tersebut Ketua PA Giri Menang sangat mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut. Menurut beliau tujuan pokok adalah menyusun draft SOP mekanisme memperketat persyaratan dispensasi kawin pra litigasi, saat litigasi dan pasca litigasi.

“Saat pra litigasi diharapkan keterlibatan semua pihak seperti dokter, psikolog, aparat desa, sekolah tempat yang bersangkutan belajar, kepolisian dan semuanya harus bersinergi”. ungakp beliau, Demikian sebagian pernyataan Ketua Pengadilan Agama Giri Menang, Marwan, S.Ag., M.Ag. dalam materi acara tersebut.

 

 

English English Indonesian Indonesian