PA Giri Menang hadiri Dialog Kebijakan Publik yang diselenggarakan PLAN Indonesia

PA Giri Menang hadiri Dialog Kebijakan Publik yang diselenggarakan PLAN Indonesia

Rabu, 20 Maret 2024

Plan Internasional telah bekerja di Indonesia sejak 1869 dan resmi menjadi Yayasan Plan Internasional Imdonesia (Plan Indonesia) pada 2017 dan bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak serta kesetaraan bagi anak perempuan.

Plan Indonesia sebagai bagian dari koalisi 18+ bersama dengan organisasi lainnya telah melakukan studi dalam bentuk penyusunan Policy Paper tentang Pemenuhan dan Perlindungan Hak Anak dalam Permohonan dan Putusan Dispensasi Usia perkawinan, kajian ini dilakukan sebagai upaya mendorong penerapan prinsip kepentingan terbaik bagi anak dalam putusan atas permohonan dispensasi kawin sekaligus sebagai masukan terhadap Mahkamah Agung dalam melakukan evaluasi atas peraturan Mahkamah Agung Nomor 5 Tahun 2019 tentang pedoman mengadili permohonan Dispensasi Kawin.

Dalam Rangka Desiminasi hasil studi tersebut sebagai refleksi terhadap perkawinan anak di Nusa Tenggara Barat (NTB) Setelah diterapkannya undang-undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang tindak pidana kekerasan seksual, Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 5 Tahun 2021 tentang pencegahan Perkawinan Anak , dan Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 34 Tahun 2023 tentang rencana aksi Daerah Pencegahan Perkawinan Anak Tahun 2023-2026, Plan Indonesia menyelenggarakan Dialog Kebijakan Publik dengan Tema ” Dilematik Dispensasi Kawin dalam Perkawinan Anak di Nusa Tenggara Barat”. yang bertempat di Gedung Sangkareang, Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat dijalan Pejanggik No.12 Mataram, NTB.

Yang dihadiri oleh YM Bapak Prof. Dr. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. (Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI) sebagai Narasumber dan juga dihadiri oleh YM Bapak Moch. Syah Ariyanto, S.H.I. (Ketua PA. Giri Menang), YM Ibu Ulfa Nurwindiasari, S.H.I. (Hakim PA. Giri Menang) dan Ibu Kunthi Mitasari, S.H.I. (Hakim PA. Giri Memang).

Humas Mahkamah Agung RI
Ditjen Badan Peradilan Agama
Pengadilan Tinggi Agama Mataram
Yayasan Plan International Indonesia

#ASNBerAkhlak
#BanggaMelayaniBangsa
#yayasanplanindonesia
#dispensasikawin
#pernikahandibawahumur
#sosialisasi
#dialog

English English Indonesian Indonesian